Mengganti Lokasi Folder webapps Apache Tomcat Pada Windows

Bertemu lagi dengan saya, setelah setahun lamanya gak posting di blog ini lagi haha. Karena sibuk Prakerin saya jadi gak mikirin nih blog, lupa kalo saya punya blog. Langsung aja ke topik utama yakni tentang Apache Tomcat. Oh iya penyebab saya menulis artikel ini karena saya baru belajar JSP salah satunya ya artikel ini, suatu saat saya lupa saya bisa ngeliat lagi di blog ini hehe.
Menurut Wikipedia Apache Tomcat(bukan tomcat serangga yang sempet heboh di Indonesia) adalah

Apache Tomcat (or simply Tomcat, formerly also Jakarta Tomcat) is an open source web server and servlet container developed by the Apache Software Foundation (ASF). Tomcat implements the Java Servlet and the JavaServer Pages (JSP) specifications from Sun Microsystems, and provides a “pure Java” HTTP web server environment for Java code to run in.

Itu sedikit tentang penjelasan Apache Tomcat, gak usah banyak-banyak haha . Pastikan sobat udah menginstall Apache Tomcat, ataupun ada juga yang bawaan dari aplikasi semacam Xampp.Ini dia langkah-langkahnya
1. Direktori webapps Apache Tomcat
Secara default untuk menyimpan web JSP yang akan dibuat di folder webapps, folder ‘htdocs-nya’ apache tomcat. Saya menginstall apache tomcat bawaan Netbeans bukan xampp jadi letaknya di drive C: kalo diinstall ulang dan belum di backup pasti akan lenyap begitu saja :v itulah sebabnya saya ingin mengganti letak foldernya. Kalo di xampp sendiri letaknya ada di /Xampp/tomcat/webapps .
2. File Konfigurasi
Selanjutnya untuk mengubah konfigurasi letak folder. File konfigurasi tersebut adalah server.xml yang letaknya di folder conf dari folder tomcat sobat. 
3. Mengubah Letak Folder Melalui File Konfigurasi
Buka file server.xml melalui teks editor kesukaan sobat atau mau pake notepad gak apa apa biar lebih greget. Cari kode seperti dibawah ini :

<Host name=”localhost”  appBase=”webapps” unpackWARs=”true” autoDeploy=”true”>

itu tag yang akan diubah isinya, yakni appBase disana ada tulisan webapps yang merupakan default dari tomcat nah ubah tulisan itu dengan lokasi folder yang kita tuju. Kalo saya sendiri meletakkannya di 
/D:/Programming/JSP tak usah memakai slash (/) lagi pada huruf terakhir (setelah JSP), maka menjadi

<Host name=”localhost”  appBase=”/D:/Programming/JSP” unpackWARs=”true” autoDeploy=”true”>

tag yang lama dihapus aja atau dijadikan komentar untuk jaga-jaga, yang terakhir disimpan.
Oh iya, untuk sobat pengguna windows dan Apache Tomcat seperti saya yang di simpan d folder C:Program Files mengalami kendala saat ingin menyimpan file setelah diubah.File-nya tidak bisa disimpan dikarenakan sobat tidak memiliki hak akses untuk mengubahnya. Untuk mengatur hak akses bisa dilihat diartikel saya selanjutya Mengubah Hak Akses File Pada Windows .
4. Letak Folder Yang Baru
Hanya untuk menambahkan, langkah yang keempat ini sebenrnya terserah sobat. Untuk Meng-copy file yang di folder webapps ke folder yang baru.
5. Melakukan Testing
Lalu coba sobat buka browser dan masuk ke localhost tomcat (kalau saya localhost:8084) maka akan muncul halaman tersebut. Lalu coba sobat pindahkan file project JSP ke folder yang baru dan buka web tersebut maka akan berhasil.
SELAMAT MENCOBA ! 😀

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...