Cara Desain Relasi Table Pada Database di phpMyAdmin

Di Jum’at pagi yang cerah ini saya kembali mem-posting sebuah artikel sederhana di blog ini. Kali ini tentang software database sejuta umat programmer di dunia hehe, apa lagi kalo bukan MySQL, meski sekarang mulai banyak yang beralih ke PostgreSQL,MariaDB,dll namun faktanya MySQL masih menjadi software database dengan pengguna terbanyak.

Kembali ke topik utama, untuk mendesain bentuk relasinya hal yang pertama yang diperlukan pastinya Database dengan Table-Table yang sudah dirancang untuk direlasikan field-nya. Karena saya akan menuliskan langkah-langkahnya jika tak diberi contohnya mungkin pembaca tak akan mengerti menerapkannya. Dengan ini saya mengupload Database yang akan di jadikan bahan praktek pembaca, Database-nya bisa di download DISINI . Database tersebut namanya db_tos, import ke MySQL sobat melalui phpMyAdmin, kalo masih belom tau caranya kebangetan atau bisa diliat caranya di postingan saya selanjutnya jadi harap tunggu :p. Oke ini dia, Cekibrot….

1. Pahami Tabel-Tabel-nya Beserta Strukturnya

Langkah pertama yang dilakukan yakni memahami isi database (tabel-tabelnya) dan juga struktur tabel (field-fieldnya). Pada database yang saya gunakan ada 10 tabel, dan seluruh tabelnya berhubungan dengan tabel yang lain.

2. Pilih Tabel Yang Akan Di Hubungkan

Tabel pertama yang akan saya hubungkan adalah tabel cart yang strukturnya bisa dilihat di gambar, dan field yang akan saya relasikan adalah id_user, dan id_item . Sekarang dimulai merelasikannya, klik Relation View.

3. Pilih Field Yang Akan Direlasikan

Pilih field yang akan direlasikan, seperti gambar diatas. Field id_user juga ada pada tabel user maka berhubungan, begitu juga id_item .

Jika sudah semua, klik Save . Prosesnya tidak lama, dan tidak ter-alihkan ke halaman lain tabel 2 tabel berhasil dihubungkan.

4. Preview Desain Relasi Tabel .

Selanjutnya, lihat apakah langkah sebelumnya berhasil. Kembali ke db_tos , lalu klik menu More -> Designer (Jika phpMyAdmin sobat berbeda bahasa bisa disesuaikan) .

Dan jika ada garis yang terhubung dengan kotak yang lain seperti gambar diatas maka sobat telah berhasil menghubungkan tabel.

5. Relasikan, Tampilkan Desain, dan Rapikan

Lakukan langkah 2 dan 3 pada tabel lain yang ingin dihubungkan , setelah sudah semua tampilkan kembali dan langkah yang terakhir rapikan. Seperti gambar dibawah ini :

Mudah bukan Cara Desain Relasi Table Pada Database di phpMyAdmin ? yap cuma lima langkah tapi sepertinya langkah yang kelima adalah langkah yang paling lama hehe.

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...