Cara Install Apache Maven di Linux Ubuntu

Di malam minggu ini dan hujan pun sudah berhenti di tempat saya menulis artikel ini. Dear Hujan, Y u No lanjutin aja, biar gak ada acara malem mingguan #doaparajomblo . Ya tentu saja saya jomblo, saya jomblo ada tujuannya ya, bukan karena gak laku atau gak suka cewek -_- .Oh iya sebelumnya saya pernah berjanji untuk posting tutorial linux lagi setelah saya menggunakan linux Ubuntu 14.04 yang sudah rilis, dan saya akan menepati janji tersebut sekarang. Ini jadi tutorial linux pertama, untuk tips,trik,dan tutorial yang lain tunggu saja update blog ini :D. Langsung aja to the point gimana caranya Install Apache Maven di Linux Ubuntu .

1. Buka Terminal

Namanya linux pasti gak jauh dari yang namanya Terminal , terminal disini bukan berarti tempat ngumpulnya bus-bus (Jadi inget kampung). Untuk melakukan perintah-perintah di Linux lebih ‘asik’ pake terminal walaupun udah ada GUI nya entah kenapa, mungkin serasa kaya hacker kali ya XD .

2. Perintah Install Apache Maven

Yang kedua adalah menjalankan perintah untuk menginstall Apache Maven . ketik perintah dibawah ini :

sudo apt-get install maven 

nanti akan diproses seperti halnya menginstall aplikasi yang lain, kalo belum bisa juga coba ketik perintah dibawah ini dulu, baru selanjutnya perintah diatas.

sudo apt-get update

perintah sudo apt-get update untuk melakukan update terlebih dahulu, kali aja sebelumnya Apache Maven belom ada di repo sobat ketika coba melakukan update Apache Maven sudah tersedia.

3. Perintah Cek Apache Maven
Setelah penginstallan berhasil lanjutkan ketik di terminal :

mvn -version

Jika muncul seperti gambar diatas, maka sobat berhasil menginstall Apache Maven. Jika berbeda mungkin ada yang bermasalah dengan ubuntu sobat, atau sobat belum install jdk. Install Apache Maven diharuskan untuk menginstall JDK terlebih dahulu. Menginstall JDK bisa dilihat tutorialnya disini .

Ini merupakan salah satu ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan workshop kemarin-kemarin, sekarang adalah hari terakhir kegiatan workshop tersebut. Semoga ilmu yang saya bermanfaat, dan tunggu saja ilmu yang saya dapatkan akan saya share di blog ini šŸ˜€ . Untuk berterima kasih, sobat hanya cukup meng-klik iklan di blog ini . Selamat Malam Blo šŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.