Cara Install Steam di Linux Ubuntu

Di malam minggu yang cerah ini, sambil nunggu final UCL 2014 yang mempertemukan antara dua tim sepakbola senegara dan sekota Real Madrid vs Atletico Madrid. Saya seorang Madridista, pasti tau kan dukung yang mana XD, semoga berhasil meraih gelar UCL yang kesepuluh nanti malam.

Oke, kembali ke topik utama. Yang pertama apa itu Steam ? Kalo menurut om Wikipedia si :

Steam adalah distributor permainan digital milik Valve dengan cara membeli via pembayaran daring dengan media unduhan.

Steam sendiri dibuat untuk melawan maraknya pembajakan game saat ini. Lihat saja, link download game berbayar dengan crack-nya tersebar dimana-mana, dengan menggunakan steam gamer bisa nge-game dengan cara yang halal dan aman :D. Begitulah penjelasan Steam secara singkat, kalo mau lebih jelasnya silahkan googling atau bisa baca penjelasan di Wikipedia .

1. Update Repository

Di repo Ubuntu udah ada aplikasi Steam, untuk menginstallnya diperlukan untuk mengecek update terbaru aplikasi-aplikasi yang ada di repo Ubuntu karena itu diwajibkan untuk melakukan update terlebih dahulu. Ketik di terminal :

sudo apt-get update

Proses update akan berjalan, tunggu hingga selesai.

2. Perintah Install Steam

Langkah kedua yakni perintah installasi aplikasi Steam, untuk yang sayang kuota disarankan untuk mikir dua kali melakukan installasi aplikasi Steam XD. Atau sobat gak punya kuota? imposibruu langkah pertama aja sukses :p .Untuk perintah install-nya ketik di terminal :

sudo apt-get install steam

lalu muncul respon Do you want to continue? [Y/n] tekan tombol di keyboard sobat y lalu Enter.

3. Configuring Steam

Setelah langkah kedua dilakukan tunggu beberapa saat ada proses download hingga install-nya. Ditengah perjalanan sobat dihadapkan seperti gambar diatas untuk melanjutkannya/OK tekan tombol F12 di keyboard sobat.

Selanjutnya sobat dihadapkan oleh STEAM LISENCE AGREEMENT yang mewajibkan sobat untuk menerimanya. Pilih I AGREE untuk melanjutkannya bisa dipilih dengan menekan tombol bawah dan enter. Jika sobat memilih I DECLINE tentu saja installasi Steam akan dibatalkan 🙂 . Setelah memilih I AGREE terminal sobat akan kembali seperti semula, masih dalam proses installasi tunggu hingga selesai.

4. Membuka Aplikasi Steam

Aplikasi Steam berhasil di Install di Ubuntu sobat. Coba sobat buka aplikasinya bisa ketik steam di Dash seperti gambar diatas atau dibuka melalui terminal.

setelah dibuka Steam akan muncul dialog seperti gambar diatas, menunjukan bahwa steam melakukan update terlebih dahulu. Bisa dilihat total update yang di download besarnya 200 MB buat seorang yang fakir kuota internet seperti saya pasti gak tega melihat proses download update-nya :v .Kalo sobat bener-bener gak tega bisa dicancel tentunya steamnya tidak bisa dibuka . Setelah proses download yang memakan waktu maka aplikasi steam akan terbuka, dan mainkan game-gamenya yang seru dan halal :v.

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...