Cara Debug Project Aplikasi Android via WiFi ADB

Lama tak berjumpa sobat 🙂 , karena saya sibuk ngurusin nilai-nilai yang belum tuntas di sekolah dan juga lagi banyak project yang saya kerjain membuat saya tidak sempat mengurus ini blog. Saya kembali hadir dengan postingan tutorial Seputar Ilmu Komputer yang kali ini mejelaskan langkah-langkah bagaimana debug project aplikasi android sobat menggunakan wifi. Karena media kabel sudah terlalu mainstream atau terlalu tradisional maka gak ada salahnya kita mencoba hal yang baru dengan debug melalui WiFi.

Sebelum itu saya gak tau bisa juga debug lewat WiFi, namun karena tragedi kabel data saya yang gak jalan membuat saya mencari alternatif lain untuk debug project android yang saya buat di Eclipse/ADT Bundle. Hingga saya menemukan alternatifnya yakni menggunakan WiFi, berbeda yang menggunakan kabel data cuma gitu-gitu aja tetapi debug lewat WiFi punya cara yang berbeda ini dia langkah-langkahnya:

1. Install WiFi ADB – Debug Over Air

Langkah yang pertama yaitu sobat harus menginstall aplikasi Wifi ADB di Ponsel / HP Android sobat. Di Play Store nama aplikasinya WiFi ADB – Debug Over Air ,langsung install aplikasi tersebut atau download APK-nya lewat PC bisa dilihat tutorialnya di artikel Cara Download APK atau Aplikasi Android Melalui PC .

2. Koneksi / Hubungan Antara HP dengan PC

Langkah yang kedua yaitu menghubungkan antara HP sobat dengan PC tempat project Android sobat disimpan. Untuk menghubungkannya tentunya menggunakan WiFi, ada dua cara:
~ HP dijadikan Hotspot dengan Tethering Portable Hotspot dan PC Tersambung dengan Hotspotnya
~ PC dijadikan Hotspot, dibuat dengan software seperti mHotspot,Connectifity,dsb lalu HP Android sobat terhubung ke Hotspot tersebut.
Karena saya menggunakan linux ubuntu, gak tau software untuk membuat Hotspot di Ubuntu itu apa yasudah saya menggunakan cara yang pertama.

3. Penggunaan ADB
Selanjutnya adalah penggunaan ADB, yang pertama setting aplikasi WiFi ADB pada HP sobat kedalam mode ON .

Setelah itu, sobat masuk ke folder aplikasi ADB pada SDK Android di PC sobat letaknya di {Folder SDK Sobat}/platform-tools lalu buka melalui cmd untuk di windows dan terminal untuk di linux, kalau di Ubuntu saya hanya tinggal klik kanan => Open in Terminal :p gausah ngetik panjang lebar lagi cara agar bisa seperti itu bisa dilihat pada postingan Cara Menambah Fitur ‘Open in Terminal’ pada File Manager di Ubuntu. Setelah dibuka melalui cmd terminal:

untuk di Linux

./adb connect {IP pada ponsel sobat}:5555

untuk di Windows

adb connect {IP pada ponsel sobat}:5555

Setelah muncul tulisan connected, maka sobat telah berhasil menghubungkan PC dan HP sobat dengan ADB.

4. Debugging via WiFi

Langkah yang terakhir yakni melakukan uji coba a.k.a testing. Buka Eclipse atau Android Developer Tool yang biasa buat ngoding android. Klik kanan project yang akan di running, pilih run as, dan klik android application. Dan maka seperti ini yang muncul:

Berhasil bukann? yap, perangkat ponsel sobat sudah tersambung dengan ADB, dan siap melakukan debugging kapanpun. Coba pilih perangkatnya dan klik OK

Debugging berjalan sempurna di ponsel sobat. Mudah bukan? Cara Debug Project Aplikasi Android via WiFi ADB . Tunggu artikel-artikel menarik Seputar Ilmu Komputer yang lainnya di blog ini 🙂

UPDATE : Debug via WiFi ADB di Aplikasi Android Studio

Saat ini keberadaan ADT Eclipse mulai terasingkan karena teknologi baru yang namanya Android Studio. Dan ada pertanyaan di komentar tentang konfigurasi untuk menjalankan debugging lewat wifi di Android Studio. Saya pun belajar Mainan Android lagi, mencari tau bagaimana caranya dan ternyata caranya hampir sama aja seperti Eclipse ADT. Kalau mengikuti tutorial diatas, step 1,2 dan 3 di Android Studio masih berlaku cuma Step 4 nya aja.. ini dia.

1. Setelah Perintah ADB Connect Selanjutnya adalah perintah run di Android Studio nya. Sobat bisa klik tombol run yang bentuknya logo play seperti di media player dan berwarna hijau di toolbar.

2. Tunggu beberapa saat maka akan muncul dialog seperti gambar dibawah. Terkahir klik OK 😀

Itu saja perbedaannya. Sangat Mudah Bukan ?
Teknologi semakin berkembang, anak IT pasti harus siap mempelajar teknologi-teknologi baru.
Atau kalo perlu sampai membuat teknologi baru :D.

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...