Cara Menambahkan Fitur ‘Open in Terminal’ Pada File Manager di Ubuntu

Saya kembali berjumpa lagi, setelah seminggu gak update karena sibuk UKK. Dan nilai-nilai dari UKK luar biasa mengecewakan dikarenakan saya tertinggal pelajaran karena waktu itu ada kegiatan Prakerin (Praktek Kerja Industri). Tapi walaupun hasilnya seperti itu, saya masih diberi keringanan karena kegiatan Prakerin di sekolah saya wajib dilakukan.

Oke, kali ini saya akan posting sebuah tutorial lagi bagi pengguna Linux Ubuntu. Yaitu dengan judul Cara Menambahkan Fitur ‘Open in Terminal’ Pada File Manager di Ubuntu . Untuk sobat yang pernah menggunakan Linux Mint, pasti pernah menggunakan terminal tanpa menggunakan perintah masuk direktori lagi misalnya :
Pasti sobat ribet masuk direktori harus ketik cd (celana dalam) dulu :p . Di Linux Mint ada fitur pada file manager seperti gambar dibawah ini:
Sumber : Google Image
namun bagaimana jika Ubuntu ? HAHAHA tentu saja belum ada fitur nya 🙂 .Belum ada != Tidak ada, yap ! sebenarnya fitur itu ada di Ubuntu tapi Ubuntu-nya sendiri yang gak menerapkannya (mungkin takut dikira ngikutin linux mint). Untuk menambah fitur Open in Terminal saat sobat melakukan klik kanan dengan pada folder ini dia langkah-langkahnya :
1. Install nautilus-open-terminal
Langkah yang pertama menginstall fitur dari file manager ubuntu yang namanya nautilus . Buka terminal atau shortcutnya dengan menekan CTRL+ALT+T . Ketik di terminal :

sudo apt-get install nautilus-open-terminal

lakukan seperti installasi biasanya,ukurannya kecil tidak lama tunggu hingga selesai.
2. Reset File Manager / Nautilus Ubuntu
Langkah yang terakhir yaitu mereset file manager sobat, dengan cara ketik di terminal perintah :

nautilus -q

file manager yang sobat buka akan ter-close dengan sendirinya.
3. Right Click => Open in Terminal
Coba sobat klik kanan sebuah folder di file manager ubuntu sobat, dan lihat ada opsi Open in Terminal kan ? selamat sobat berhasil !

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...