NodeJS : Perbedaan Symbol (~) dan Symbol (^) di package.json

Saya kembali posting lagi setelah tadi saya membagi Contoh Aplikasi Bukutamu Dengan NodeJS. Postingan kali ini sama seperti sebelumnya yakni tentang NodeJS atau bisa juga dibilang tentang Javascript XD. Karena saya lagi ngulik tentang NodeJS sampai saat ini, dan selagi masih ingat saya posting aja deh di blog :v.

Oke, langsung aja… Jadi apa perbedaan simbol begini : ‘^‘ sama begitu : ‘~‘ yang biasanya ditemukan di dalam bentuk data JSON. Ini dia penjelasannya :

1. Symbol CARET : ^
Baru tau kan yang kaya gini (^) itu namanya Karet Caret ? haha, saya juga baru tau. Symbol Caret ini sering digunakan dalam file package.json di NodeJS. Seperti gambar diatas, yap… ditulis disebelah kiri version module .

Ditulisnya simbol ini agar versi module yang diinstall bisa di upgrade versinya hingga ke versi terbaru, namun tanpa mengubah versi di angka yang paling kiri.

Gak ngerti ya ? sama saya juga XD . Oke contohnya aja dah kalau gitu.
Perhatikan gambar diatas di bagian :

“ejs” : “^1.0.0”

nah disitu kan terlihat contoh penggunaan simbol Caret, dengan menggunakan symbol Caret disitu maka module yang digunakan adalah ejs versi 1.x.x. namun tidak termasuk versi 2.x.x , 3.x.x . Intinya angka versi yang paling kiri tetap namun yang sebelah kanan bisa di update. Jadi kalau seperti contoh diatas module ejs versi 1.0.0 sampai versi 1.9.9 .

 2. Symbol TILDES : ~
Selanjutnya adalah symbol Tildes ~ baru tahu juga kaya gini (~) namanya Tildes? sama saya juga :v. Kalau sobat udah tau dari dulu berarti sobat luarr biasa :v.

Tildes sama seperti Caret untuk menentukan versi namun bedanya adalah Tildes angka yang paling kanan saja yang diubah.

Oke, lanjut ke contoh, pertama perhatikan gambar diatas (lagi). Pada baris ke 11 :

“express” : “~3.5.1”

menandakan bahwa versi express yang digunakan dari 3.5.1 sampai 3.5.9. Mengerti kan maksudnya ? Jadi kalau menggunakan simbol Tildes (~) versi nya meliputi 3.5.x jadi 3.6.x tidak termasuk.

Ya kira-kira begitulah perbedaanya, maaf jika penjelasan saya masih kurang.. Sobat bisa baca sumbernya di stackoverflow :v:
http://stackoverflow.com/questions/22343224/difference-between-tilde-and-caret-in-package-json

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.