Tentang Brackets dan Cara Mengubah Tampilan Brackets

Hai hai hai, saya kembali lagi di malem sebelum malem minggu, pikir sendiri apa maksudnya :v. Di hari ini saya baru berkenalan dengan aplikasi yang namanya Brackets. Brackets adalah salah satu aplikasi/software text editor yang biasa dipakai buat kegiatan programming atau bahasa kerennya ngoding :D. Setelah saya pertama memakai ini sepertinya enak juga, dan juga sepertinya saya akan selingkuh dari Sublime Text :v. Sublime Text yang telah menemani saya selama 2 tahun lamanya. Untuk sementara saya tinggalkan dulu. Ada kemungkinan saya akan kembali ke dia, tapi untuk saat ini saya ingin mengenal Brackets lebih lanjut terlebih dahulu. Akhirnya untuk hal pertama yang telah saya kenal darinya adalah cara bagaimana dia mempercantik dirinya eh salah, maksudnya cara bagaimana dia diubah tampilannya menjadi mantap :v.

Tampilan disini adalah Coding Canvas atau tempatnya corat coret code. Kalo di Sublime Text lebih dikenal namanya Color Scheme, tapi kalo di Brackets itu sendiri namanya Theme. Mereka (Sublime Text dan Brackets) benar-benar berbeda, mungkin mereka akan saling bermusuhan :v. Oke sekarang lupakan soal perbandingannya dengan si Sublime sekarang langsung aja bahas mengenai bagaimana Cara Untuk Install Tema di Adobe Brackets. Oh iya sekedar tambahan, Brackets ini adalah salah satu produk Adobe, gak percaya? ini buktinya.

Disitus resminya dicantumkan, bahwa yang berkontribusi dalam pembuatannya adalah Adobe Community. Tumben banget ya di gratisin :v, dan juga sebenernya Brackets ini bentuknya Web ! Sepertinya teknologi desktop mulai menurun, dan teknologi web semakin meningkat. Mungkin suatu saat sobat bakal main PES 203x lewat web browser, dan gak perlu nginstall lagi wkwkwk kita liat aja perkembangan teknologi web :v. Brackets dibuat dalam bentuk web dan dijalankan melalui browser. Brackets dikembangkan dengan NodeJS, mungkin karena itu pula performa Brackets ketika dijalankan lancar, gak banyak ngadat wkwk.

Itu aja penjelasan singkat tentang NodeJS sekarang langsung aja yang kedua, cara Install dan Mengubah Tema Aplikasi Brackets.

1. Pastikan Brackets Sudah Terinstall

Sebenernya tahap pertama ini gak penting, tapi jangan disepelekan. Brackets-nya udah diinstall belum ? Kan lucu kalo Brackets-nya belum diinstall. Jadi Pastikan dulu, buka aplikasinya dengan seksama :v.

2. Buka Extension Manager

Tahap kedua yaitu buka Extension Manager, caranya klik File > Extension Manager. Dan karena sobat mau mengubah tema sekalian lakukan pencarian dengan kata kunci theme. Oh iya penting nih… pastikan sobat terkoneksi ke jaringan internet, kalau tidak nanti pasti gagal :v. Atau pake cara yang lain dengan mendrag file yang sudah di download seperti yang tercantum di gambar diatas.

3. Install dan Nikmati 

Ingat.. sobat harus terhubung ke jaringan internet. Tahap ini bisa dijalankan. Klik Install di Extension Manager tadi setelah itu Klik Close. Setelah itu mensetting temanya. Klik View > Themes selanjutnya tinggal pilih sesuai selera banyak tema yang muncul seperti gambar diatas, tinggal dipilih salah satu lalu klik done  :D.

4. Success .

Berhasil ! tema Brackets sobat sudah berubah. Cukup mudah bukan ? Yoa, teknologi terbaru diciptakan untuk semakin mempermudah Manusia. Kita semakin dimanjakan, alangkah baiknya kita yang memanfaatkan teknologi itu dengan lebih baik, jangan sampai malah kita yang dimanfaatkan oleh teknologi.  😀

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...