Cara Custom Domain Blogger Dengan Afraid

cara custom domain blog
Hai, lama tak berjumpa :). Blog ini dengan wajah baru, karena perubahan template dan domain. Ngomongin soal domain, domain terbagi menjadi 2 yaitu lokal dan internasional seperti halnya sebuah produk. Untuk situs yang ditunjukan kepada visitor luar Indonesia disarankan menggunakan domain internasional seperti .com, .net, .info, dll sedangkan jika website dikhususkan untuk visitor dalam negeri disarankan untuk menggunakan domain lokal seperti .id, .web.id, .co.id dll. Karena itu, blog ini diberi domain .web.id selain karena murah meriah :v, domain nya juga cocok buat blog ini yang dikhususkan untuk sobat-sobat pembaca yang berasal dari dalam negeri :D.

Kali ini setikom akan berbagi tips, bagi sobat yang menggunakan layanan blogger dari google khususnya. Yang ingin merubah/custom domain blog karena sudah bosen dengan penampakan blogcepot di address bar :D. Tapi untuk artikel yang satu ini hanya khusus untuk domain lokal (seperti yang saya sebutkan sebelumnya). Untuk menghubungkan blog dengan domain yang dibeli, ada cara nya. Domain internasional lebih mudah dibanding domain lokal.

Letak perbedaan keduanya biasanya pada DNS Management nya. Jika domain internasional selalu ada DNS Management, serta lebih cepat waktu propagasi-nya. Dari pengalaman yang saya alami saat menyelesaikan pencocokan domain di blog pribadi saya  (domain internasional) tutorialnya bertebaran di google, begitu mudah. Namun jika domain lokal, contohnya seperti saat saya mencocokkan blog ini dengan domain .web.id selalu ada kendala Error 32, disitu kadang saya merasa sedih.

Sempat saya memutuskan untuk menunggu terlebih dahulu karena saya kira memang sedang dalam waktu propagasi, tapi karena sudah terlalu lama  (2×24) jam saya open ticket kepada seller domain. Lalu mereka memberi Nameserver khusus untuk domain lokal, saya coba yang disarankan CS dengan mengubah nameserver dan saya harus nunggu lagi. 1 Jam berlalu masih belum bisa dan saya pun gak sabaran, googling sana-sini akhirnya ketemu. Dengan Menggunakan DNS Management pihak ke 3, seperti Cloudflare dan Afraid dan akhirnya saya menggunakan cara tersebut. Untuk tutorial ini saya menggunakan Afraid. Dan nyatanya berhasil seperti sekarang ini, cerita panjang lebarnya udah dulu :D. Langsung aja checkitout :)).

1. Daftar / Registrasi Akun Afraid 

Langkah yang pertama sobat harus registrasi akun Afraid terlebih dahulu. Buka link ini http://freedns.afraid.org/signup/ , lakukan registrasi seperti biasa. Pasti ngerti lah ya :p, contohnya seperti gambar diatas. Jangan lupa klik Send activation email untuk memproses pendaftaran. Akan ada email masuk, buka email yang depannya berjudul [freedns]. Klik link yang disertakan di dalam pesan emailnya. Muncul halaman baru, aktivasi berhasil selamat akun berhasil dibuat  ! 😀

2. Tambah Domain Baru di Afraid

Selanjutnya, daftarkan domain yang dibuat. Masukkan domain, dan opsi shared state nya pilih public. Klik submit, untuk memproses registrasi domain ke layanan afraid dan melangkah ke tahap selanjutnya.

3. Manage Subdomain

Langkah selanjutnya buka link domain http://freedns.afraid.org/domain/. Domain yang sebelumnya sobat registrasikan akan muncul, seperti gambar diatas. Lalu klik manage… Meskipun ada keterangan broken disana, abaikan saja :D.

4. Set DNS Management : Menambah Destination IP dari Google

Setelah di klik manage seperti yang ditunjukkan pada langkah sebelumnya. Lalu akan muncul form, disinilah salah satu langkah untuk menghubungkan akun blog sobat ke domain yang sobat miliki, yang ini menghubungkan destination IP Google . Klik link add yang ditunjukkan pada gambar diatas. Yang pertama menambah A Record IP Google. Total ada 4, ini dia :

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Isi form nya seperti contoh dibawah ini.

Seperti gambar diatas, lakukan secara 4 kali. Dengan destination yang berbeda tentunya dan dengan type A. Jangan lupa klik tombol Save!

5. Set DNS Management : Menambah CNAME

Kembali ke halaman setting/setelan blogger yang masih error ketika melakukan custom domain, seperti gambar diatas. Perhatikan lagi yang muncul ketika error. Disana ada petunjuk untuk segera melokasikan 2 CName ke DNS settings. Itu yang akan sobat lakukan sekarang. Ada 2 Cname:

Cname1 :
Subdomain : www
Desination : ghs.google.com

Cname 2 (UNIQUE):
Subdomain : k4r4kt312 un1k (jangan dicontoh :v)
Destination : xxx.dv.googlehosted.com (baca penjelasan dibawah :3)

2 Cname, satunya umum satunya unique atau dikhususkan oleh blog tertentu. Kode unique tersebut menjadi kunci blog mana yang akan dihubungkan ke domain jadi setiap blog berbeda. Isi keduanya di form seperti langkah keempat. Yang www dan kode unique masing-masing di ditambahkan, dengan type CNAME. Dan jangan lupa klik Save!

Setelah itu buka http://freedns.afraid.org/subdomain/ yang hasilnya akan seperti ini:

Yang diberi garis merah merupakan bawaan dari Afraid, bisa diabaikan. Namun sisanya berjumlah 6 itu merupakan hasil dari yang sobat baru lakukan :D. Lanjut ke step berikutnya.

6. Set Nameserver pada Domain

 

Masuk ke dashboard pengelola domain yang sobat miliki. Kalau saya order di Cloudkilat, masuk ke halaman Manage Domain -> Nameservers lalu ganti bawaan dari Cloudkilat dengan mengisi ns1.afraid.org, hingga Nameserver 4 bisa dilihat pada gambar diatas. Terakhir klik Change Nameservers. Disini membutuhkan waktu propagasi 6-7 Jam secara umum, namun bisa lebih cepat juga seperti saya, yang hanya menunggu 1 Jam langkah ke-7 berhasil dilakukan. Tunggu beberapa jam, kemungkinan terburuk 1×24 jam kalau belum berhasil juga berarti ada yang salah ketika melakukan langkah-langkah sebelumnya.

7. Custom Domain Blogger

Ini langkah terakhir dan termudah, yang menentukan apakah yang selama ini sobat lakukan berhasil atau tidak :v. Buka halaman Setting/Setelan blogger, lakukan custom domain seperti biasa. Jika tidak ada error lagi, selamat sobat berhasil meng-custom domain blog sobat ! :D. Jika masih ada error, jangan berkecil hati. Tunggu dulu jika 1×24 Jam belum bisa juga bisa ulangi langkah-langkah sebelumnya atau menggunakan cara lain dengan contact ke tempat sobat order domain untuk meminta bantuan :D. Oh iya satu lagi, jangan lupa ceklis opsi redirect, agar link blogsobat.com di alihkan ke www.blogsobat.com jadi bisa diakses dengan baik :)).

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...