Mengenal Vagrant

mengenal vagrant
Banyak orang yang kurang familiar dengan linux, bahkan programmer PHP yang notabene nya (PHP=Open Source=Linux). PHP dibangun menggunakan bahasa C (C dan PHP bahkan hampir mirip). Dan bahasa C sangat kuat ikatannya dengan sistem operasi linux. Sempurna bila seorang programmer PHP juga menguasai Linux.

Seiring berjalannya waktu itu pun menjadi tuntutan, linux banyak digunakan khususnya di server. Sebagian besar web yang bertebaran di internet menggunakan PHP, dan pastinya server nya menggunakan Sistem Operasi Linux. Maka ini menjadi masalah, terkadang debugging di windows jalan, eh pas di upload ke server malah gak jalan. Nah Vagrant adalah salah satu solusinya :D. Sebelum saya lanjutkan mengenai Vagrant simak dulu penjelasan om Wiki mengenai Vagrant.

Vagrant is computer software that creates and configures virtual development environments. It can be seen as a higher-level wrapper around virtualization software such as VirtualBox, VMware, KVM and Linux Containers (LXC), and around configuration management software such as Ansible, Chef, Salt and Puppet.

Teknologi virtual emang lagi booming nih, sebut aja banyak yang milih VPS dari pada Dedicated Server(yang murah selalu diserbu), banyak yang milih install OS lewat Virtual Box/VMWare daripada install langsung (gak ada gregetnya),terus ada yang namanya VCC (pembisnis internet pasti tau nih) bahkan ada yang namanya game tau kan game? iya game adalah salah satu bentuk teknologi virtualisasi. Biasanya nama game nya ada embel-embel ‘Simulator’, pernah denger? kaya Truck Simulator, Train Simulator,Airplane Simulator bahkan simulator yang aneh-aneh juga ada.
Vagrant ini hadir meramaikan trend teknologi virtualisasi. Sobat bisa punya VPS sendiri di jaringan localhost, dan bisa di remote dengan SSH tunelling. Gak percaya? ini dia penampakannya
vagrant use
Gambar diatas itu adalah salah satu langkah saat melakukan installasi web server dengan perintah tasksel di linux. Keren bukan? serasa jadi SysAdmin ya 😀 .
Dengan menggunakan vagrant ini sobat gak perlu susah payah install linux dari awal. Oh iya karena vagrant ini hanya melakukan installasi dan konfigurasi fitur canggihnya, tapi proses virtualisasi nya tetap menggunakan vendor yang sudah ada seperti VMWare dan Virtual Box (Seperti yang disebut di Wikipedia). Jadi jika sobat ingin mencobanya silahkan menginstall terlebih dahulu VMWare atau Virtual Box :D.
Tertarik? Sobat meluncur ke link-link dibawah ini :D.
Link-link diatas merupakan tools yang dibutuhkan untuk mainan vagrant :). Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...