Cara Custom Domain Blogger

cara custom domain blog

Sudah banyak sekali promo domain bertebaran, dari yang murah sampai yang gratis. Sebuah kesempatan bagi blogger untuk memiliki domain sendiri agar terlihat lebih profesional. Namun bagaimana caranya? Nah kali ini admin akan berbagi tutorial bagi kamu para blogger. Bagaimana Cara Custom Domain Blogger Menggunakan Cloudflare ? nah simak step-stepnya berikut ini 😀 .

Langkah #1 : Siapkan domain yang aktif

Pertama, pastikan domain yang akan kamu pasang pada blogger kamu sudah ada dan aktif. Dan juga sangat disarankan domain yang dipasang merupakan domain TLD (.com, .net, .id, .web.id) atau domain gTLD (.xyz, .win, .download, dll) dikarenakan demi kelangsungan hidup blog kamu 😀 . Tapi untuk coba-coba pun tak apa menggunakan domain yang bukan TLD. Yang penting aktif dan bisa digunakan, agar bisa dihubungkan dengan situs blog yang kamu miliki.

Langkah #2 : Menggunakan Layanan Cloudflare

Kedua, pastikan kamu sudah mempunyai akun Cloudflare. Pada step custom domain bloggerCloudflare ini nantinya digunakan sebagai DNS management dan juga bisa mempercepat akses pada blog kamu. Jika kamu sudah memiliki akun-nya, silahkan login terlebih dahulu 😀 . Setelah masuk ke akun Cloudflare, berikutnya adalah mendaftarkan domain yang kamu miliki. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik menu Add Site
  2. Masukkan nama domain yang kamu miliki pada input yang disediakan
  3. Klik button Begin Scan
  4. Tunggu beberapa saat pada proses “Scanning…“, hingga muncul button Continue Setup.
  5. Lalu kamu akan dihadapkan dengan verifikasi DNS Record, lanjut saja Continue. kamu akan melakukannya nanti saja.
  6. Pada halaman Select a CloudFlare Plan pilih Free Website, tapi gak masalah juga kalau mau yang berbayar 😀 . Selanjutnya klik Continue.
  7.  Nah yang terakhir kamu akan diperintahkan untuk mengganti nameserver domain kamu. Biasanya hanya 2 nameserver yang harus kamu pasang. Salin kedua nameserver tersebut di notepad, contoh nameserverfreya.ns.cloudflare.com dan zeus.ns.cloudflare.com. Terakhir klik Continue.

Langkah #3 : Mengganti Nameserver Pada Domain

Ketiga, untuk menghubungkan domain dengan Cloudflare yang tadi kamu buat caranya adalah dengan mengubah nameserver. Mengubah nameserver bisa dilakukan di panel domain di tempat sobat order domain lalu pilih nameserver Contohnya seperti gambar dibawah ini.

cara custom domain blogger

Isi kolom nameserver sesuai dengan yang tadi kamu copy di notepad 😀 . Setelah itu jangan lupa untuk klik Update Nameserver.

Baca Juga : Apa itu DNS Record ?

Langkah #4 : Menambah DNS Record

Keempat, ini merupakan langkah untuk menghubungkan domain dengan blog kamu. Proses menambah DNS Record dilakukan di halaman Cloudflare. Terlebih dahulu kamu perlu menambahkan DNS Record, sebelum domain dan blog terhubung. Buka akun Cloudflare blog kamu, masuk ke menu DNS,  dan tambahkan DNS record seperti gambar dibawah.
cara custom domain bloggerBerikut DNS Record yang perlu ditambahkan pada Cloudflare kamu.

A | @ | 216.239.32.21
A | @ | 216.239.34.21
A | @ | 216.239.36.21
A | @ | 216.239.38.21
CNAME | www | ghs.google.com 

Selanjutnya adalah menambah DNS Record Unique, Unique disini artinya yang khusus hanya dimiliki blog kamu. Masuk ke Settings>Basic>Blog Address lewat dashboard blogger, lalu coba lakukan custom domain dengan harapan supaya error 😀 . Lihat contohnya pada gambar dibawah
cara custom domain bloggerKetika kamu mencoba mengklik save maka akan ada error yang muncul dan itu adalah berkah bagi kamu 😀 . Digambar diatas, bagian yang dicoret merupakan Unique Record yang saya maksudkan. Oh iya kalau ternyata errornya gak muncul, jangan lupa untuk menambahkan subdomain www jadinya www.domainkita.com. Karena saya sebelumnya mengalami masalah tersebut 😀 .
Tambahkan Unique Record ke Cloudflare , contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah.
cara custom domain bloggerTerakhir klik Add Record .

Langkah #5 : Custom Domain Blogger

Setelah mengalami proses panjang, sekarang lah saatnya penyelesaian. Ini langkah paling mudah diantara langkah-langkah yang lain pada tutorial kali ini 🙂 . Klik lagi tombol save pada pengaturan blog address seperti pada langkah #4, dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu 😀 . Jika sukses ada satu lagi yang perlu dilakukan, yakni menceklis opsi redirect
cara custom domain blogger
Terakhir, Save dan buktikan sendiri dengan mengakses domain-nya. Jika bisa terbuka, Selamat ! Jika tidak, kamu bisa menanyakan kendalanya pada kolom komentar, Admin disini pasti mau membantu 😀 .

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...