Distro Linux Terbaik & Terpopuler 2016

linux terbaik

Distro Linux Terbaik 2016 — Akhirnya sudah 1 tahun berlalu, Linux pun masih tetap eksis menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan orang, meskipun belum begitu cukup mengalahkan Microsoft dan Apple dalam hal kepopuleran. Padahal sangat banyak pengguna Android, serta para IT enthusiast pun banyak yang menggunakan Debian/Redhat Family, dan Perusahaan besar banyak yang menggunakan sistem operasi linux khusus server, seperti Ubuntu Server dan CentOS. Banyak orang yang tak sadar, sebenarnya Linux dekat dengan mata, namun kita tidak mengetahuinya, itulah mengapa DetikInet menulis Linux : Jauh di Hati, Dekat Di Mata, saya pun sangat setuju.

Paragraf diatas adalah sekilas mengenai keberadaan Linux di Indonesia bahkan dunia saat ini, yang menjadi pembuka artikel Linux Terbaik Tahun 2016. Udah saatnya sekarang belajar Linux lebih dalam, setidaknya dengan mengenalnya terlebih dahulu. Langkah pertama mengenalnya adalah dengan mengetahui Distro Linux Terbaik, khususnya untuk tahun ini yakni tahun 2016. Dalam hitungan bulan terkadang urutan berubah, dan mingguan pun lebih sering berubah, apalagi harian 😀 . Maka dari itu dalam periode bulanan mungkin akan saya update postingan ini 😀 . Bersumber dari distrowatch salah satu situs media linux terbesar ini dia 10 Distro Linux Terbaik Tahun 2016

Linux Mint

linux terbaik
Linux Mint

Distro ini sangat memanjakan penggunanya. Bagi mereka yang seorang pemula ingin terjun ke sistem operasi linux, distro ini menjadi rekomendasi 😀 . UI + UX dan dukungan/support komunitas menjadi keunggulan distro yang satu ini. Maka tak heran di tahun-tahun belakangan ini Linux Mint selalu menduduki peringkat teratas pada Distro Linux Terbaik maupun Terpopuler. Berikut penampakannya :

linux terbaik
UI Mate – Linux Mint
linux terbaik
UI Cinnamon – Linux Mint
linux terbaik
UI KDE – Linux Mint
Jika melihat gambar-gambar diatas, mengingatkan kita kepada salah satu sistem operasi berbayar 😀 .

Debian

debian | linux terbaik 2016
Debian
Sebutan makin tua, makin jadi sepertinya layak disematkan kepada distro yang satu ini. Ditemukan pada tahun 1993, distro ini menjadi satu-satunya distro yang lawas namun makin populer. Sayangnya, di penghujung tahun lalu Founder Debian (Ian Murdock) meninggal dunia, benar-benar merupakan berita duka yang mendalam bagi komunitas pengembang distro linux. Debian menjadi sosok dibalik suksesnya Linux MintUbuntu, dan Kali Linux. Karena distro-distro tersebut merupakan turunan Debian.
Bagi kamu yang tertarik mendalami linux, dan sudah tertarik otak-atik sistem operasi, distro bernama Debian ini bisa menjadi pilihan. Meskipun secara user interface kurang menarik, namun jika disihir bisa lebih cantik.
debian
Before
debian
After
Selain untuk kamu yang doyan ngoprek, Debian ini juga bisa digunakan untuk sistem operasi server. Support dari Debian cukup baik, karena distro yang satu ini benar-benar sudah populer dikalangan para master linux 😀 .

Ubuntu

ubuntu | linux terbaik 2016
Ubuntu
Kalau yang ini, pasti gak asing lagi dikalangan para kamu yang suka mempelajari seputar komputer. Distro ini lebih sering terdengar, bahkan lebih sering dibandingkan dengan Linux Mint padahal mereka berdua adalah saudara. Salah satu faktornya karena memang Ubuntu paling dikenal digolongan orang-orang awam. Dimana Ubuntu pasti salah satu distro linux yang pertama diketahui oleh sebagian besar pengguna komputer. Jujur saja, saya sendiri meskipun pengguna Linux Mint , tapi lebih enak disebut pengguna Ubuntu dibanding pengguna Mint 😀 .
ubuntu-desktop | linux terbaik 2016
Tampilan Ubuntu Desktop
Salah satu keunggulan paling luar biasa dari Ubuntu adalah support atau dukungan dari komunitasnya. Jika ada kendala pada saat menggunakannya, kamu hanya perlu googling atau bertanya di forum, sosial media, atau bahkan temanmu sendiri. Support tersebut berlaku juga untuk pengguna distro turunan Ubuntu , seperti Linux Mint , ElementaryOS, Deepin, dll. Tak heran jika justru banyak yang bergabung di komunitas pengguna Ubuntu, padahal mereka bukan pengguna Ubuntu murni 😀 . Buat kamu yang pemula, suka ngoprek, dan seorang staff IT distro ini cocok dijadikan pilihan.

OpenSUSE

opensuse | linux terbaik 2016
OpenSUSE
Sekarang bukan distro yang termasuk keluarga Debian lagi seperti sebelumnya. OpenSUSE, distro ini merupakan keluarga RedHat. Distro yang satu ini di khususkan untuk para software developer dan system administrator. Dengan tampilan yang user friendly distro ini diharapkan mampu untuk membuat nyaman penggunanya, selain itu distro ini juga mendukung jika digunakan sebagai server.
opensuse | linux terbaik 2016
Tampilan Desktop OpenSUSE
 UI&UX yang begitu baik, dukungan yang dikhususkan untuk software developer&sysadmin, serta bisa digunakan sebagai OS server, gak heran lagi kalau sizenya besar. Size ISO OpenSUSE terbaru saat ini berukuran kurang lebih 5GB 😀 . Kamu bisa mengeceknya langsung di situs resmi openSUSE nya 😀 . Pemula dan Mahir cocok menggunakan distro ini.

Fedora

fedora - linux terbaik 2016
Fedora

Distro ini masih terdengar cukup asing, karena bagi para pemula distro ini biasanya tidak menjadi rekomendasi 😀 . Kalau di keluarga Debian ada Debian itu sendiri untuk para master, maka kalau di keluarga RedHat ada Fedora untuk para master. Walaupun emang ini direkomendasikan untuk para master, maupun orang-orang yang doyan oprek, untuk dukungan komunitasnya bisa dibilang cukup banyak. Untuk User Interface Fedora pun juga enak dilihat, Fedora menggunakan Gnome Shell sebagai default Desktop Environment – nya.

fedora - linux terbaik 2016
Tampilan Dektop Fedora

Dan Fedora sudah sangat berkembang hingga saat ini, terbukti para pengembang fedora selalu menambah hal-hal baru. Bisa dibuka website Fedora Spin, kalau ditahun lalu mereka mengembangkan distro yang khusus segmen tertentu. Tapi kalau sekarang udah beda lagi, yaitu mereka mengembangkan alternative desktop yang bisa menjadi pilihan bagi pengguna komputer yang ingin mencicipi Fedora.

 


 

Itulah distro-distro linux terbaik di tahun ini. Kamu bisa menentukan sendiri mana yang sesuai selera, karena setiap manusia mempunyai selera yang berbeda-beda 😀 .

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...