Remote Database PostgreSQL Melalui PgAdmin dengan SSH Tunnel di Linux

 PgAdmin menjadi salah satu aplikasi yang banyak diminati untuk pengguna DBMS yang bernama PostgreSQL. Daripada harus mengelola database melalui CLI/Console, PgAdmin hadir dengan interface yang user friendly. Memudahkan pengguna dalam mengelola databasenya. Jika MySQL memiliki phpMyAdmin, maka PostgreSQL memiliki pgAdmin malah ada juga yang namanya phpPgAdmin.
Fitur yang dimiliki PgAdmin sudah terbilang cukup lengkap, malah lebih lengkap dari phpMyAdmin nya database sebelah. Seperti fitur koneksi database ke server lain (selain lokal). Itu merupakan bagian dari pekerjaan saya. Tapi saya punya masalah, saat itu saya ingin mengelola database yang ada di VPS secara remote dengan PgAdmin yang ada di Laptop saya. Satu-satunya jalan adalah melalui sambungan SSH, yang jadi masalah port VPS yang saya miliki bukan port default ssh (22) namun port nya 22xxx. Sedangkan PgAdmin hanya menerima port default ssh, tidak meng-custom sambungan ke port lain.
konfigurasi
Konfigurasi Koneksi PgAdmin lewat SSH Tunnel

Gambar diatas adalah penampakannya, jelas disitu gak ada input port nya :D. Namun akhirnya solusi nya bisa ditemukan, dan cukup mudah hanya dengan 1 perintah ini dia :).

1. Perintah SSH Tunnel

perintah

Sebenarnya simpel, hanya satu perintah. Contoh perintahnya bisa dilihat pada gambar diatas. Buka terminal, tulis perintah

ssh -fNg -L 5555:localhost:5432 {username}@{domainsobat.com} -p 23456

Disitu kita memerintahkan untuk tersambung ke ssh dengan membuka localhost port 5432 (database server postgreSQL di Server) dan mengalihkannya ke port 5555 ke jaringan lokal. Jadi jika mengkoneksikan localhost:5555 dari komputer sobat maka ssh client dari komputer sobat akan merespon dengan membuka ssh yang tadi diperintahkan pada gambar diatas. Sekarang jalankan perintah tersebut kita coba lanjut ke tahap selanjutnya. Oh iya jangan lupa memasukkan passwordnya (password akses login server sobat).

2. Menyambungkan PgAdmin dengan Database Server

Ini langkah yang terakhir, koneksikan PgAdmin ke database servernya seperti biasa. Seperti biasa disini gak perlu opsi SSH Tunnel walaupun emang kita mau menyambungkan lewat SSH. Itu abaikan aja 🙂 .

Seperti gambar diatas, kosongkan aja. Setelah diisi dengan benar di bagian properties tadi, sekarang klik OK. Tunggu diproses (kecepatan tergantung koneksi internet sobat), dan akhirnya berhasil…

Saya sendiri berhasil melakukannya, akhirnya bisa mengelola database yang ada di VPS. Dengan remote melalui PgAdmin, pekerjaan bisa lebih mudah :). Jika ada masalah, bisa ditanyakan di kolom komentar postingan ini. Insha Allah saya selalu memantau blog ini :D.

Sumber : http://dustindavis.me/ssh-tunnel-in-pgadmin3-for-postgresql/

Tinggalkan Komentar

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...